Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

8 Tips Agar Video Anda Muncul di Halaman Pertama YouTube 2019



Lihatlah di sekitar Anda, orang-orang saat ini banyak yang menonton vlog dan wawancara video atau menikmati konten video bermerek dan rekaman siaran langsung. Ini berarti pemasaran video berada pada puncaknya karena orang lebih tertarik dengan konten video daripada sebelumnya.

Anda mungkin mengunggah video setiap hari, tetapi yang harus anda fikirkan adalah ada 400 jam konten video diunggah setiap menit, bagaimana Anda memastikan konten Anda menonjol dan menarik pemirsa?

Jangan biarkan upaya pemasaran YouTube Anda sia-sia. Berikut adalah delapan cara efektif untuk memastikan video Anda mendapat peringkat tinggi di YouTube dan menarik penayangan.

1. Gunakan kata kunci yang relevan
Baik itu Google atau YouTube SEO, langkah pertama dan terpenting adalah melakukan penelitian kata kunci. Mulai dengan membuat daftar kata kunci potensial yang terkait dengan video Anda, bisa berupa apa saja yang akan digunakan orang yang dapat mengarahkannya ke video.
Selanjutnya, gunakan fitur pelengkapan otomatis YouTube untuk mengidentifikasi kata kunci populer yang digunakan orang untuk mencari. Anda akan bertemu dengan saran kata kunci ekor panjang di sini yang terbukti jauh lebih akurat daripada saran umum ekor pendek.


Selain mencari kata kunci secara manual, Anda juga dapat menggunakan alat seperti TubeBuddy dan vidIQ untuk menemukan kata kunci dan tag terbaik untuk digunakan.

2. Optimalkan judul, deskripsi, dan tag
Saat Anda menelusuri video, elemen pertama yang menarik perhatian Anda adalah judul video, bukan? Judul video tidak hanya menarik dan menarik, tetapi juga harus mengandung kata kunci target. Hal yang sama berlaku untuk deskripsi video dan tag yang paling baik atribut video Anda.
Deskripsi video YouTube sangat diremehkan. Pemasar tidak menyadari bahwa ruang ini menyediakan konteks dan mempengaruhi peringkat juga. Meskipun Anda memiliki 5000 karakter untuk dimainkan, YouTube hanya menampilkan 157 karakter pertama. Jadi gunakan ruang ini dengan bijak, diresapi dengan kata kunci dan kata ajakan bertindak yang tepat.



3. Buat video yang menarik
Pada akhirnya, orang-orang akan menonton video Anda dan akan terus datang kembali untuk lebih banyak jika Anda mengunggah konten segar, menarik, dan informatif yang kebetulan menjadi sinyal peringkat yang penting untuk algoritma YouTube.


Semakin menarik video Anda, semakin tinggi retensi pemirsa yang secara otomatis meningkatkan peluang Anda muncul di bawah saran pencarian YouTube.

Selain konten, penting untuk memperhatikan kualitas produksi juga. Misalnya, video dengan pencahayaan buruk dan tidak terdengar jelas tidak akan memikat penonton. Jadi, investasikan upaya dalam meningkatkan kualitas produksi video Anda untuk mendorong tayangan.

4. Dorong supaya viewers menjadi langganan
Mengelola saluran YouTube yang hampir tidak memiliki pelanggan dan pemirsa sama baiknya dengan berbicara di dinding. Jangan berhenti hanya mengunggah video, buat itu bekerja untuk Anda dengan menjangkau audiens target Anda dan mendorong mereka untuk terlibat dengan saluran Anda dan berlangganan.



Membangun basis pelanggan yang kuat meningkatkan peluang Anda untuk mendapat peringkat tinggi di YouTube karena ini menunjukkan bahwa Anda memiliki komunitas yang terlibat yang merupakan nilai tambah yang besar.

Sekarang, bagaimana Anda membuat orang berlangganan? Mulailah dengan memintanya. Jadikan praktik untuk memasukkan ajakan bertindak ini di akhir setiap video dan memasukkannya ke dalam deskripsi video. Anda juga harus mendorong langganan di luar YouTube dengan menambahkan widget di situs web Anda atau meminta pengikut Anda untuk berlangganan di halaman Facebook atau Twitter Anda.

5. Tambahkan thumbnail yang meyakinkan

Jika Anda telah menggunakan thumbnail otomoatis dari youtube,  sebaiknya anda harus mengubahnya, karena ini adalah factor penting, sebelum anda mempublish Video.


Thumbnail adalah referensi visual pertama yang didapat audiens dari video Anda yang memengaruhi keputusan mereka untuk menontonnya. Jadi itu harus cukup menarik untuk menarik perhatian mereka. Alih-alih puas dengan yang dihasilkan secara otomatis, mengapa tidak menggunakan thumbnail khusus yang jauh lebih menarik?

Adalah ide yang bagus untuk menunjukkan gambar wajah manusia dari dekat untuk menemukan koneksi emosional dan jumlah teks yang sesuai untuk membuatnya layak diklik. Anda juga dapat menambahkan logo merek Anda tetapi pastikan itu tidak menaungi gambar mini, mengingat ruang terbatas.

6. Gunakan fitur teks tertutup


Anda mungkin menemukan "CC" saat menonton video di YouTube. CC adalah singkatan dari closed caption, alat YouTube SEO yang lumayan penting.

Closed Captions (CC) mengacu pada overlay teks atau transkripsi video. Menggunakan teks tertutup dalam video membuatnya menarik bagi audiens yang lebih luas dan memungkinkan pemirsa menonton video Anda dengan mudah terlepas dari lingkungannya. Ini mengarah pada keterlibatan pengguna yang lebih tinggi dalam bentuk suka, komentar, bagikan, dan pelanggan.

Discovery Digital Networks melakukan penelitian dan menemukan peningkatan keseluruhan 7,32 persen dalam penayangan untuk video yang diberi judul.
Saat YouTube menghasilkan teks otomatis, Anda lebih suka menambahkan teks tertutup untuk mesin telusur agar diindeks secara akurat. Ini berdampak pada peringkat SEO Anda.

7. Beri nama file video yang di uplod dengan benar
Sangat mudah untuk mengabaikan langkah ini tetapi faktanya penamaan file video Anda dengan benar ternyata sangat penting. Rubah nama file video anda dari
“final_video.mp4” ke nama seusuai konten video tersebut. Ini sangat penting untuk mengubah nama video untuk memasukkan kata kunci karena merupakan indikator untuk mesin pencari tentang apa file video Anda.

8. Konsisten
Untuk meningkatkan peringkat Anda dan membangun komunitas yang terlibat, Anda harus konsisten mengunggah video. Anda juga harus berkomitmen untuk menghasilkan konten video yang unik dan relevan dan tetap di atas permainan Anda karena itulah satu-satunya cara Anda dapat meningkatkan keterlibatan yang pada gilirannya meningkatkan peringkat pencarian.

Sama seperti platform media sosial lainnya, pertahankan kalender konten untuk YouTube dan pastikan Anda menghargai komunitas Anda dengan video secara teratur.
Untuk informasi lebih lanjut tentang cara mendapatkan peringkat video, lihat juga panduan kami tentang pengoptimalan YouTube. Silahkan komen dibawah

Post a comment for "8 Tips Agar Video Anda Muncul di Halaman Pertama YouTube 2019"